Alat Kesehatan Sebagai Alat Ukur

Alat Kesehatan Sebagai Alat Ukur – Alat kesehatan adalah alat yang digunakan dalam bidang medis. Fungsi alat ini salah satunya adalah untuk mendiagnosa atau mencegah penyakit, merawat orang sakit dan masih banyak yang lainya.

 

Fungsi lain alat kesehatan adalah sebagai alat ukur ? Tentu alat ukur yang dimaksudkan adalah alat ukur untuk kesehatan. Apa saja alat itu ? Dalam artikel ini akan dijelaskan macam alat kesehatan yang berfungsi sebagai alat ukur.

 

Selamat pagi pembaca sekalian, semoga anda semua dalam keadaan sehat dan selalu semangat dalam menjalani hari – hari anda. Kali ini dalam blog ini kami akan menjelaskan mengenai alat kesehatan yang berfungsi sebagai alat ukur. Alat ukur dalam dunia kesehatan pasti tidak sama dengan alat ukur untuk besaran diluar dunia medis.

 

Kalo anda kenal alat ukur panjang misalny penggaris, atau alat ukur kecepatan adalah sepeda meter di dalam dunia kesehatan tentu bukan itu yang dimaksudkan. Di dalam dunia medis, terdapat beberapa parameter yang dapat dilakukan pengukuran menggunakan sebuah alat kesehatan.Diantaranya adalah suhu, tekanan, laju yang ada hubunganya dengan kesehatan.

 

Sebelum kita masuk ke dalam pokok pembahasan, ada baiknya kita ulas sedikit tentang alat kesehatan dan alat ukur.

 

Alat Kesehatan

 

Di atas sedikit telah disinggung mengenai definisi alat kesehatan. Alat kesehatan di definisikan sebagai, instrument, apparatus, implant yang tidak mengandung obat yang digunakan untuk mendiagnosa, mencegah, dan mengobati penyakit, merawat orang sakit dan untuk membentuk struktur dan jaringan tubuh.

 

Namun ada beberapa alat kesehatan yang juga berfungsi sebagai alat ukur parameter medis. Sebenarnya kalo kita kaji lebih detail alat kesehatan yang berfungsi sebagai alat ukur  bisa masuk dalam kategori alat diagnosae. Karena alat diagnose juga berfungsi untuk menentukan jumlah parameter tertentu yang ada dalam tubuh manusia.

 

Alat Ukur

 

Secara umum, alat ukur adalah alat yang digunakan untuk mlakukan pengukuran. Yaitu membandingkan antara atu besaran dengan besaran yang lain yang sejenis. Proses mengukur biasanya dilakukan dengan menggunakan sebuah alat ukur yang telah ditetapkan secara internasional dan tidak berubah jumlahnya.

 

Contoh panjang 1 meter yang kita kenal sebenarny adalah panjang satuan internasional yang sudah ditetapkan yaitu jarak yang ditempuh dalam perjalanan cahaya di ruang hampa (Vakum) 1/299792458 detik. 

 

Alat Kesehatan Sebagai Alat Ukur

 

Telah sedikit di singgung di atas bahwa ada beberapa alat kesehatan yang bisa digolongkan atau difungsikan sebagai alat ukur. Yaitu alat yang digunakan untuk mengukur parameter medis untuk kemudian dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter dalam mendiagnosa sebuah penyakit.

 

Ada beberapa alat kesehatan yang digunakan untuk alat ukur parameter medis. Berikut kami berikan contoh alat kesehatan yang berfungsi sebagai alat ukur :

 

Sature Meter

 

Sature meter adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur ketinggian. Sature meter bisa disebut juga sebagai alat ukur tinggi badan.Alat ini biasanya terdapat di klinik menempel pada dinding. Ada beberapa jenis sature meter yang fungsinya disesuaikan dengan penggunanya.

 

Ada beberapa jenis sature meter, dewasa, anak – anak, dan bayi. Sature meter untuk bayi didesain portable dan mudah dibawa. Untuk dewasa sature meter ditempatkan di dinding untuk memudahkan pengukuran. Namun pada intinya fungsinya sama yaitu digunakan untuk mengukur ketinggian.

 

Timbangan Badan

 

Alat kesehatan lainnya yang bisa kita kategorikan sebagai alat ukur adalah timbangan. Saya yakin pembaca sekalian pasti sudah tahu dan mengerti alat ini. Timbangan digunakan untuk mengukur berat badan seseorang. Ada beberapa jenis timbangan badan yang banyak dijual dipasaran. Timbangan digital, timbangan jarum dan juga timbangan neraca (dacin), timbangan bayi.

 

Ada juga jenis timbangan yang sekaligus digabungkan dengan alat pengukur tinggi badan. Alat ini mudah anda jumpai di klinik atau rumah sakit umum di berbagai tempat. Berat badan bisa digunakan untuk mengetahui apakah berat tubuh anda masih dalam taraf normal atau kegemukan. Dan hal ini bisa berpengaruh juga terhadap kesehatan anda.

Diantara jenis timbangan badan adalah timbangan bayi. Timbangn ini memang didesain khusus untuk bayi. Timbangan ini hanya bisa digunakan untuk bayi dan tidak bisa digunakan untuk yang lainnya.

 

Termometer

 

Alat ini juga termasuk dalam alat kesehatan yang berfungsi sebagai alat ukur. Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu. Dalam dunia medis, biasanya thermometer digunakan untuk mengukur suhu tubuh pasien saat dalam keadaan demam. Satuan untuk thermometer yang dipakai di Indonesia biasanya derajat Celcius.

 

Termometer juga mempunyai banyak jenis. Termometer digital dan thermometer analog. Untuk analog pada saat ini sudah jarang digunakan. Untuk thermometer digital sendiri mempunyai banyak jenis. Ear thermometer, thermometer non kontak, dan lainnya. Namun semua alat tersebut mempunyai fungsi sama yaitu untuk mengukur suhu tubuh.

 

Sphygmomanometer

 

Nama alat ini mungkin asing di telinga pembaca. Nama lain dari sphygmomanometer adalah tensimeter.Alat ini digunakan untuk mengukur tekanan darah. Hasil pengukuran tekanan darah dengan alat ini berupa dua angka seperti 120/80 mmHg.

 

120 adalah tekanan sistolik sedangkan 80 adalah tekanan diastolic. Sistolik adalah tekanan pada saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Sedangkan diastolic adalah tekanan dimana jantung beristirahat antara pompaan yang telah dilakukan dan pompaan yang akan dilakukan.

 

Tensimeter atau sphygmomanometer juga terdiri dari beberapa jenis. Tensimeter digital dan tensimeter analog. Untuk analog sendiri terdiri dari dua jenis, air raksa dan aneroid. Tensimeter jenis ini yang kebanyakan dipakai di klinik atau rumah sakit pada saat ini khususnya di  daerah tempat penulis tinggal. Mungkin di kota – kota besar banyak juga tensi digital dipakasi disana.

 

Oxymeter

 

Apakah anda tahu oxymeter ? Oxymeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur kadar oksigen yang ada dalam darah. Di dalam alat ini terdapat sensor infra merah. Jari tangan dipasang pada finger tips oxymeter , berkas sinar infra mera yang dilewatkan dari salah satu sisi dilewatkan menembus jari. Berkas sinar tersebut dideteksi oleh sensor dan nilai yang diperoleh digunakan untuk menghitung kadar oksigen dalam darah.

 

Pembaca sekalian, mungkin masih banyak alat kesehatan yang masuk dalam kategori alat ukur. Beberapa jenis alat kesehatan yang kami bahas diatas hanya sebagian kecil dari sekian banyak alat kesehatan yang berfungsi untuk alat ukur.

 

Intinya bahwa alat kesehatan dapat berfungsi juga sebagai alat ukur. Yaitu alat yang digunakan untuk pengukuran beberapa parameter kesehatan. Alat ini dalam dunia kesehatan mungkin bisa masuk dalam kategori alat kesehatan diagnostic. Yang berfungsi sebagai alat diagnose. Karena dengan pengukuran kita dapat menyimpulkan diagnose terhadap sebuah penyakit.

 

Bagi anda yang membutuhkan alat kesehatan atau ada sebuah instansi yang akan melakukan pengadaan alat kesehatan, silahkan kunjungi www.gloryamedica.com website distributor alat kesehatan resmi standar rumah sakit dan hospital furniture. Melayani pengadaan alat kesehatan ke seluruh wilayah Indonesia.

 

Demikian saja yang dapat kami sampaikan. Semoga pembahasan singkat ini dapat memberi tambahan wawasan untuk kita semua. Sekian dan sampai jumpa di posting selanjutnya. Terimakasih

 

 

 

Comments: 0 (Discussion closed)
    There are no comments yet.